Saturday, December 14, 2013

Cetak Sablon

Tehnik cetak sablon adalah cara mencetak menggunakan media screen , yaitu sebuah kain tipis yang terbuat dari nilon yang berfungsi untuk mengalirkan cat. screen tersebut sebelumnya kita olesi dengan ulano yang berfungsi untuk menutupi hal yang tidak akan di cat.Setelah itu kita tuangkan cat di bagian bawah screen .

Alat alat yang dibutuhkan .

1. Meja kaca untuk afdruk

Meja kaca yang dibagian bawahnya ada lampu , meja ini akan digunakan untuk mengafdruk gambar dengan bantuan lampu neon , caranya olesi scren dengan ulano , lalu keringkan sebentar , setelah itu truh film yang terbuat dari kertas kalkir atau mika, lalu press dengan kaca dan terangi dengan lampu neon sekitar 10 auat 20 menit . Bila gambar telah terbentuk samar samar cucilah screen dengan air atau dengan semprotan air agar gambar pada screnn bisa terlihat jelas

2, Tinta

Tinta yang digunakan bisa bermacam macam tergantung kebutuhan , untuk materi pada kain , kertas aatu plastik jenis tintanya bisa berlainan. Gunakanlah tinta yang sesuai dengan kebutuhannya.

3. Scren

Scren yang digunakan juga berlainan jenisnya , ada yang halus ada juga yang kasar, tergantung kebutuhannya , juga besar kecilnya scren meyesuaikan dengan materi yang akan dibuat

4. Monel

Alat yang terakhir ini digunakan untuk menekan tinta agar mengalir ke materi sablon , monel digunakan dengan menekan secara merata kain scren ke kiri atau ke kanan dengan seimbang.

Terima kasih selamat mencoba , jangan patah semangat bila ada pertanyaan bisa inbox.

Cetak Sablon Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Vanesa

0 comments:

Post a Comment